ADS LEVEL PAGE Cara Download Flash Game & Convert ke MS Excel 2007 | dWarung News
HEADER 336x280

Cara Download Flash Game & Convert ke MS Excel 2007

Sebelumnya dWarung mengucapkan Selamat Tahun Baru 2009, Sukses Untuk Semua Blogger!!

Setelah habis liburan panjang ini dwarung kaget dengan bertambahnya pengunjung ke dWarung, terutama ada artikel dwarung yang dimuat oleh infogue.com, terima kasih atas dimuatnya artikel tersebut, terima kasih juga untuk semuanya, semoga apa yang dwarung share disini bisa bermanfaat.

Hari pertama masuk kerja, hmm..masih longgar kerjaan, mendingan dWarung coba membahas apa yang dwarung pikirin hari ini (",)..

"dWarung punya masalah saat mau convert game flash ke excel memakai MS Excel 2007, masalah ini juga rupanya dialami oleh Grant yang memberi komentar di dwarung news.. OK Grant I hope u can translate this article & may useful for you"

Pada posting sebelumnya dWarung membahas cara mendownload game flash online dan diconvert ke excel, pada waktu itu dWarung memakai Microsoft Excel versi 2003, padahal dWarung kesehariannya memakai Microsoft Excel 2007. dwarung kebingungan cara convert memakai Microsoft Excel 2007, soalnya tampilannya beda sekali, maklum dWarung masih buta kalo cara menggunakan macro yang ada di Excel. Hari ini, secara kebetulan dWarung menemukan caranya, tapi sebelumnya dWarung mau minta izin dulu sama infogue.com, soalnya dWarung mau download game dari sana karena infogue.com koleksi game flashnya banyak & mudah untuk didownload..(",)

Ini langkah-langkahnya buat convert ke excel 2007, hampir sama dengan excel 2003...

Pertama, Tentunya kita download game dari salah satu situs penyedia game online, dalam kasus ini, dWarung mendownload dari situs infogue.com, alamat gamenya... http://www.infogue.com/racing_games/3d_rally_racing/play
Kedua, tentunya langkah ini adalah mendownload game tersebut ke komputer kita, caranya sama saja, yaitu masuk ke menu Tools - Page Info - Media, trus cari file flashnya (berekstensi .swf), biasanya keterangannya adalah application/x-shockwave-flash dan tipenya di-embed, kemudian Save As..

Ketiga, Setelah Program MS Excel 2007 terbuka, biasanya menu macronya disembunyikan untuk kepentingan keamanan. Sekarang kita keluarkan menu Macro yang tersembunyi, pada Excel 2007 namanya adalah Developer Toolbar yang ada pada Office Button - , terletak di pojok kiri atas..Kemudian klik menu Excel Options di bagian bawahnya

Setelah Menu Excel Options Muncul, pada Menu Popular, Checklist Tulisan; Show Developer Tab in The Ribbon
Keempat, Setelah Menu Developer Muncul di Toolbar MS Excel, Klik Menu Developer - Insert - More Controls pada ActiveX Controls Toolbar Menu.

Kelima, Setelah Dialog More Controls Muncul, tentunya disini kita akan menentukan tipe objek apa yang akan dimasukkan, kita pilih Shockwave Flash Object

Setelah tombol OK kita tekan, kita akan diminta untuk membuat suatu kotak dimana Objek Flash tersebut akan ditampilkan, buatlah Kotak sesuai keinginan kita

Kemudian klik kanan pada kotak yang telah kita buat tadi, pilih properties, maka kotak properties akan muncul. Pada kotak Properties kurang lebih sama dengan kotak properties macro yang ada pada Excel 2003, yang harus kita ubah adalah:
- Loop; defaultnya adalah True, kita ubah ke False
- EmbedMovie; defaultnya adalah False, kita ubah ke True
- Movie; kita isi dengan alamat file game flash yang telah kita download sebelumnya


Keenam, setelah perubahan pada properties telah kita lakukan, tutup kotak properties, Save as file excel ini dengan pilihan save as Excel-97-2003 Workbook (*.xls). Save As ke tipe Excel 2003
dilakukan karena dwarung pernah mencoba Save As ke Tipe Excel 2007 (*.xlsx), tidak berhasil memainkan file flashnya (game).

Setelah kita simpan (save) tutup dokumen Excel yang kita simpan tadi, kemudian buka kembali dan hasilnya..Gamenya sudah bisa kita mainkan!
Selamat Mencoba!!

dWarung mengucapkan terima kasih kepada Infogue.com yang telah menyediakan jasa online Games.

Silahkan download Games 3d Rally Racing yang dibahas di tulisan ini, download gratiss

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Download Flash Game & Convert ke MS Excel 2007"

bid said...

kok di excel saya tidak ada shockwave flash object adanya cuman shockwave activex control

Rikkii_kun said...

dwarung tutorialnya sangat menarik. Saya coba game flash dari http://nicktoonsgames.blogspot.com/2010/12/poop-deck-draw-down.html setelah saya masukkan ke Excel, yang keluar hanya kedip2 tulisan loading, mungkin dwarung bisa mencobanya juga, dan gimana solusinya tolong kirimkan ke email saya di kl4ry@yahoo.com. Terima kasih dan bravo buat dwarung.

FLOATING ADS