ADS LEVEL PAGE Cara memasukkan file flv (Flash Video) dari Youtube ke Excel | dWarung News
HEADER 336x280

Cara memasukkan file flv (Flash Video) dari Youtube ke Excel

Setelah beberapa hari off dari nulis karena kesibukan kerjaan baru jadi HRD di kantor, kemarin baru selesai meeting dWarung menerima Chat dari seorang sahabat..
dWarung berterima kasih kepada sahabat yang telah memberikan masukan tersebut, tapi sungguh disayangkan pengetahuan dWarung belum sampai disana. Tapi terus terang, dWarung merasa tertantang untuk mencari tahu apa yang diungkapkan sahabat, yah walaupun dengan pengetahuan dWarung yang masih minim dalam hal pemrograman.

Setahu dWarung, format flv adalah Flash Video, kurang lebih sama dengan format swf tapi tingkat kompresi FLV lebih tinggi, sehingga banyak dipakai situs-situs internet penyedia Video sebagai format videonya, seperti halnya di Youtube, Indowebster, Blogger, dll. Biasanya file video tersebut kita download ke komputer pakai fasilitas keepvid.com atau program flash downloader.

dWarung menemukan beberapa artikel yang membahas cara meng-embed file .flv ke excel atau powerpoint. Tapi tetap saja semua hasilnya sama, nihil.. belum ada yang berhasil memasukkan file .flv ke excel.

Tadi malam waktu mau tidur, dWarung iseng membuka Excel & membuka bagian tab developer & mencari tahu plugins apa aja yang bisa dimasukkan ke Excel. dWarung menemukan bahwa program yang terinstall di komputer apalagi active x akan otomatis associate dengan MS Office. Kebetulan dWarung merasa masih mempunyai program FLV player dari VLC, mulailah proses Instalasi. Setelah proses instalasi, dWarung membuka kembali MS Excel & Whalla..!! VLC Active X Plugins sudah terasosiasi dengan MS Excel.


Artinya, sepengetahuan dWarung apabila sudah terasosiasi seperti Shockwave Flash Object, maka sudah seharusnya format .flv bisa diputar & diembed di Excel.

Maka seperti halnya cara mengembed format .swf, dWarung berhasil membuat suatu file Excel dengan .flv di dalamnya.. dan hasilnya..

Betapa senangnya hati ketika mengetahui file excel tersebut bisa memutar format .flv, tapi hal itu hanya sementara... ternyata file .flv tersebut hanya bisa di-link saja, tidak sekaligus diembed. Artinya file .flv tidak diikutsertakan dalam file excel ketika kita membuatnya, sedihnya...

Akhirnya dWarung sampai saat ini belum menemukan cara yang lebih canggih lagi, tapi dWarung masih penasaran, padahal bisa saja kita melakukan insert object - .flv ke dalam file excel & MRL link yang kita buat pada VLC plugins tersebut adalah mengacu pada object yang diinsert ke dalam file excel tersebut, tapi dWarung belum tahu cara mengetahui alamat object FLV yang ada pada file excel tersebut.

Akhirnya tiba pada suatu keputusan... Lebih baik kita convert dulu aja ke format swf untuk bisa di-embed ke MS Excel..hehehe tapi tidaklah seru jika tidak ada tantangan bukan??

Ada yang mau coba sendiri? silahkan download dulu VLC-nya disini.. nanti kalo berhasil kasih tau dWarung ya..

Download VLC via FileFactory (Size 9,414KB)
Download From FileFactory!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara memasukkan file flv (Flash Video) dari Youtube ke Excel"

Anonymous said...

nfo bro tambah keren aja nih^^

Anonymous said...

Thanks bro.. kalo ada masukan lain kasih tau yah.. Sukses buat Blognya!!

Unknown said...

enak nih sekarang bisa lihat flv di powerpoint
thanks ya...

FLOATING ADS