ADS LEVEL PAGE Memproteksi Aplikasi Windows dengan Password | dWarung News
HEADER 336x280

Memproteksi Aplikasi Windows dengan Password

"Halo, Selamat Datang Kembali di Dunia Blogger"..mungkin itu sebutan yang tepat bagi dWarung setelah sekian lama cuti nge-blog karena kesibukan yang lain.

Sekedar berbagi ilmu kembali, dWarung mencoba mengingat-ingat beberapa pengalaman yang terjadi selama off dari nge-blog. Pengalaman ini dWarung peroleh dari rekan-rekan sekantor yang seringkali bertanya pada dWarung.

Berikut ini dWarung mencoba mengulas mengenai Cara Memproteksi Aplikasi Windows dengan Password. Sebetulnya banyak sekali situs yang menawarkan software gratisan untuk memproteksi Software / Aplikasi yang telah diinstall di komputer kita. Tapi dWarung mencoba menawarkan salah satu solusi yang mudah sekali untuk kita aplikasikan. Hal ini berkaitan dengan pemrograman dasar di Windows. Hal yang kita butuhkan untuk membuat Password tersebut adalah Notepad yang merupakan program standar Windows dan yang paling penting adalah script berikut ini:

Sub Run(Byval sFile)
Dim shell

Set shell = CreateObject("WScript.Shell")
shell.Run Chr(34) & sFile & Chr(34), 1, false
Set shell = Nothing
End Sub

Dim storedPassword
storedPassword ="isi password anda"

password = InputBox("Masukkan Password")
if password = storedPassword Then
WScript.Echo "Password Anda Benar!"
Run "Lokasi software yang akan dipassword"
Else
WScript.Echo "Password Anda Salah!"
End if

Copy-lah script di atas tersebut ke dalam Notepad kemudian silahkan anda ubah dengan ketentuan:
* isi password anda = isilah dengan password yang anda kehendaki
* lokasi software yang akan dipassword
= lokasi aplikasi yang akan kita password di hard drive komputer
* Tulisan yang berwarna hijau dapat anda ubah sesuai selera

Bagian yang lain jangan sampai diubah atau program tidak akan berjalan
. Dalam hal ini dWarung mencoba membuat proteksi terhadap aplikasi Winamp dan mengisi password, sehingga menjadi seperti pada gambar berikut ini.

Setelah semuanya terisi kemudian kita save program tersebut dengan pilihan pada Save As Type ke All Files dan Saving dengan Extension ".vbs" dalam hal ini dWarung menyimpan dengan nama "winamp.vbs" dan disimpan di lokasi aplikasi Winamp diinstallkemudian kita tutup aplikasi notepad.
Saatnya kita mencoba apakah Script tersebut berjalan atau tidaknya adalah dengan cara memanggil script yang kita buat tersebut.

Percobaan pertama, dWarung mengisi password den
gan benar dan hasilnya adalah script berjalan dengan baik dan memanggil aplikasi Winamp.

Percobaan kedua adalah dWarung memanggil script dan mengisi dengan password yang salah, ternyata script menyatakan bahwa kita salah dan script tidak memanggil aplikasi Winamp.
Jelas bahwa Script telah berhasil dan berjalan dengan baik. Saatnya sedikit sentuhan, yaitu buatlah link menuju script tersebut di Desktop Menu, Quick Launch Menu atau pada Start Up Menu dan pilihlah icon yang sesuai dengan Aplikasi yang akan kita password. agar orang lain tidak mengetahui bahwa aplikasi tersebut dipasangi password, sebagai salah satu contoh berikut ini.
Sayangnya script ini tidak berfungsi apabila kita memanggil file yang telah terasosiasi dengan aplikasi yang telah kita password, aplikasi tersebut langsung berjalan tanpa menanyakan password. Tetapi sangat berguna sekali untuk para orang tua yang berupaya untuk memproteksi aplikasi-aplikasi tertentu.

Selamat mencoba dan berikan komentar di postingan ini jika anda telah mencobanya!!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Memproteksi Aplikasi Windows dengan Password"

Andi said...

wah lagi lagi bagi ilmu.. sedott.. :) thanks sobat keep sharing ya...

yayat said...

tapi gmna caranya nyembunyiin karakternya gan biar pake tanda "*" aja.

FLOATING ADS