ADS LEVEL PAGE Membuat Screen Saver dengan Powerpoint | dWarung News
HEADER 336x280

Membuat Screen Saver dengan Powerpoint

Hal ini merupakan pengalaman yang menjadi tantangan bagi dWarung, dua hari yang lalu salah seorang karyawan di kantor yang sekarang sedang mengikuti pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Pamulang bertanya "Bagaimana caranya membuat screen saver dari Powerpoint?".... pertanyaan ini membuat saya kagum, padahal dia baru belajar komputer tapi koq sudah sejauh itu yah? saya aja yang sudah lama main komputer tapi koq gak tau.

Hal tersebut membuat dWarung berpikir keras, memang sih sewaktu dWarung searching di mbah Google banyak sekali program converter yang menawarkan hal tersebut, diantaranya ada Converter PPT to Screen Saver, Converter PPT to EXE, PPT to SWF dll.. Tapi semua itu tentunya harus mendownload program yang sewaktu dWarung coba paling kecil adalah 4MB dan itu adalah shareware...wah!!

dWarung langsung ingat ke Scheduled Task, bukankah bisa berfungsi dengan memanfaatkan Idle Time Windows! Akhirnya dWarung coba membuat salah satu scheduled task untuk dapat membuka file powerpoint (.pps) . Tapi setelah ditunggu beberapa saat Idle Time Windows, Scheduled Task sama sekali tidak merespon di komputer dWarung.

Seandainya saja dWarung bisa membuat program screen saver yang mampu menjalankan program lain dengan memanfaatkan idle time windows.. tapi sayang dWarung bukan lulusan programmer & tidak mengerti bahasa pemrograman..

Alhasil setelah bersemedi bersama mbah Google selama 1 jam, dWarung menemukan solusinya yang akan dijelaskan disini.

Dalam percobaan ini, dWarung memakai Software:
- Screen Launcher (thanks to Brett Bartholomew www.bartdart.com)
- MS Powerpoint 2007
- PPTVIEW (Program bawaan dari MS Powerpoint 2007/2003)

Langkah pertama, silahkan anda download program screen launcher dari sini, kemudian unzip & copy file Screen Launcher.scr ke folder Windows.

Langkah kedua, buatlah suatu file presentasi dengan menggunakan MS Powerpoint, dalam hal ini dWarung memakai program MS Powerpoint 2007, kostumisasi presentasi kita dengan pemilihan warna, gambar, musik ataupun video maupun animasi agar lebih menarik. dan tentukan waktu otomatisasi slide show dengan cara rehearse timings.


dan pililah loop continously agar presentasi kita tetap berjalan berulang sebelum ditekan tombol Esc.

Kemudian save as dengan menggunakan format .pps (Office 2003) karena format .ppsx (Office 2007) tidak dapat dibuka oleh PPTVIEW.



Simpan file presentasi anda di folder yang mudah ditemukan agar memudahkan pengetikan alamat pada program screen launcher.

Langkah ketiga, buka program screen launcher melalui Screen Saver dengan cara mengklik kanan pada desktop Windows dan pilih tab Screen Saver, pilihlah Screen Launcher. Dengan bantuan program yang hanya sebesar 12 KB ini kita bisa memanggil semua program windows melalui screen saver.


Ketik tombol setting pada display properties tersebut dan ketika muncul program Screen Launcher isilah alamat file di bagian kotak kosong dengan format:

[Alamat program PPTVIEW] [Alamat file presentasi]
contoh;
C:\Program Files\Microsoft Office\Office12\PPTVIEW.EXE c:\dwarung.pps

PPTVIEW adalah program Default MS Office untuk menampilkan slide show, biasanya terdapat di folder C:\Program Files\Microsoft Office\Office12

Pilihlah waktu Screen Saver yang diinginkan.

Saatnya mencoba apakah Screen Saver tersebut mampu membuka file presentasi kita? dalam gambar berikut ini, komputer dWarung mencoba dengan memakai waktu 1 menit dan hasilnya komputer mampu menampilkan screen saver berupa presentasi dengan cukup baik....Yess!!! Apakah hasilnya sama dengan komputer anda?

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Membuat Screen Saver dengan Powerpoint"

Anonymous said...

makasih ya boz dah mampir ke blogQ..
mari kita sama2 bagi ilmu..

dwarung said...

blognya mantap boz..makasih jg dah mampir k dwarung..

hiarto said...

thanks juragan

dwarung said...

sama-sama gan, senangnya bisa berbagi ilmu.. :)

GuyyFawkes said...

gan, ane kan punya file ppsx. bisa ga tuh dijadiin screensaver. ane udah nyoba gabisa bisa. terus diubah ke format pptx juga gabisa. mohon solusinya gan

roniaja said...

Halo gan Amir Hakim, mungkin ane bisa bantu dikit nih...di atas sudah dijelaskan gan bahwa format .ppsx begitu pula dengan .pptx tidak dapat dibuka oleh PPTVIEW. Solusinya silahkan save ke versi bawah .ppt atau .pps. Kalau untuk merubah dari .ppsx ke .pptx bukannya hanya tinggal save-as aja gan, setelah dibuka di powerpoint? atau kalau susah biasanya bisa diakalin dengan mengganti extension menjadi .pptx

FLOATING ADS